Pengertian dan Manfaat Email Hosting - Hostingkuweb

Pengertian dan Manfaat Email Hosting

Jasa Pembuatan Website


Apa itu Email Hosting

Email Hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan email mereka dengan nama domain mereka sendiri di server yang terpisah dari server hosting. Oleh karena itu, kinerja akun email yang menggunakan layanan email tetap terjaga dengan baik. 

Apa Manfaat Email Hosting dalam Bisnis?

Email Hosting tidak gratis untuk digunakan. Selain biaya layanan, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk membeli nama domain sebelum dapat mendaftar ke layanan hosting email. Namun, bukan berarti Anda harus enggan menggunakan layanan email. Layanan tersebut memiliki manfaat yang tidak bisa Anda dapatkan dari layanan email gratis, yaitu:
  • Meningkatkan kredibilitas
  • Branding perusahaan, organisasi, dan pribadi
  • Reservasi Email
  • Kapasitas penyimpanan lebih besar
  • Tanpa iklan
  • Tingkat privasi yang tinggi
  • Pengaturan akun yang lebih fleksibel
  • Kemudahan penggunaan

1. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan layanan email hosting bisnis, Anda dapat membuat alamat email dengan nama domain di belakangnya - bukan @gmail.com, @yahoo.com, atau semacamnya.

Ini sangat berguna dalam bisnis. Selain itu, studi yang dilakukan oleh Verisign menunjukkan bahwa 65 persen konsumen setuju bahwa perusahaan yang menggunakan email dengan domain tampak lebih kredibel daripada perusahaan yang tidak.

Adalah umum bagi konsumen untuk tidak mempercayai alamat email gratis untuk tujuan bisnis. Bahkan, hanya sedikit yang memasukkan email tersebut ke dalam daftar spam. Jika demikian, email Anda mungkin tidak sampai ke mereka karena mereka masuk daftar hitam.

2. Dapat Digunakan untuk Branding

Dapat di bayangkan jika pemasar Anda mengirim email promosi tanpa nama perusahaan Anda di belakangnya.
Dua kemungkinan bisa muncul dari skenario di atas. Pada awalnya, penerima melihat email tersebut sebagai angin lalu. Kedua, penerima masih akan membuka email tersebut tetapi tidak akan mengetahui bahwa email tersebut berasal dari perusahaan Anda kecuali email tersebut mengatakan sesuatu.

Dalam situasi ini, Anda gagal mempresentasikan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Anda tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memperkuat brand perusahaan Anda, bukan?

3. Terdapat Fasilitas Backup Email

Dalam kehidupan bisnis tentunya berbagai informasi, penawaran dan peristiwa penting dipertukarkan dalam bentuk email. Agar email ini tidak hilang, Anda memerlukan fungsi cadangan.

Faktanya, penyedia layanan email gratis yang dikenal luas sebagai Gmail menawarkan fitur ini. Namun, fitur pencadangan gratis biasanya terbatas.

Di layanan email, Anda dapat mencadangkan dan memulihkan akun email apa pun yang terkait dengan nama domain organisasi Anda.

4. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Layanan email gratis biasanya hanya menawarkan kapasitas penyimpanan yang kecil. Misalnya, akun Gmail hanya memiliki penyimpanan 15 GB, yang juga digunakan untuk Google Drive dan Google Foto.

Ini mungkin bukan masalah untuk penggunaan pribadi. Namun, banyak email masuk dan keluar dalam kehidupan bisnis tidak muat dalam ruang penyimpanan yang terlalu terbatas.

Tidak seperti email gratis, layanan hosting email menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Misalnya, Niagahoster mendukung kapasitas 25, 50, dan 100 gigabyte. Ini akan dijelaskan kepada Anda di bagian kedua artikel ini.

5. Tanpa Iklan

Terlepas dari penyedia layanannya, akun email gratis tidak bebas iklan. Kabar baik, kotak surat layanan hosting email gratis dari sini.

Dengan begitu, produktivitas Anda dan tim tidak terhalang oleh promosi yang tidak perlu.

6. Keamanan Privasi Lebih Baik

Seperti yang baru saja disebutkan, adanya iklan sebenarnya adalah tanda bahwa penyedia layanan email gratis dapat melihat isi kotak surat Anda.

Meskipun kemungkinannya tipis, Anda pasti tidak ingin informasi pribadi Anda dibagikan kepada pihak ketiga - terutama jika akun email Anda digunakan untuk bisnis.

Penyedia layanan email tidak menanyakan isi pesan yang Anda terima atau kirim. Dengan cara ini Anda dan perusahaan Anda mendapatkan privasi terbaik.

Di sisi lain, layanan hosting email juga menyertakan perlindungan terhadap spam, phishing, dan malware.

7. Penggunaan Akun Yang Fleksibel

Anda dapat membuat akun email gratis sebanyak yang Anda inginkan. Namun dalam konteks manajemen karyawan, metode ini tidak efektif.

Misalnya, ketika staf pergi. Karena Anda tidak memiliki akun orang tersebut, Anda tidak dapat menghapusnya jika mereka mengubah kata sandinya.

Selain itu, penamaan akun email gratis juga tidak fleksibel karena harus menggunakan alamat yang belum pernah digunakan orang lain. Nah, layanan hosting email menyelesaikan kedua masalah ini. Semua akun email karyawan Anda dapat dikelola dari satu tempat. Memberi nama akun itu mudah dan Anda hanya perlu menggunakan nama setiap karyawan atau departemen.

Selain itu, layanan email memungkinkan transmisi email. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim email ke akun mana pun yang terkait dengan nama domain perusahaan atau organisasi Anda.

8. Lebih Mudah Dalam Penggunaan

Apakah rumit menggunakan akun yang dibuat di layanan hosting email? Tentu saja tidak.

Anda dapat menggunakannya sebagai akun email gratis. Apakah Anda menggunakan komputer atau seluler, Anda dan tim Anda dapat menggunakannya. Pada dasarnya keenam fitur di atas membedakan antara hosted email dan free email.

Unlimited Hosting Indonesia