Pengertian dan Fungsi SEO - Hostingkuweb

Pengertian dan Fungsi SEO

 

Jasa Pembuatan Website


Banyak orang berpikir bahwa SEO adalah cara website mendapatkan peringkat terbaik di Google. Padahal, konsepnya hanya dangkal.

Jika digali lebih dalam, ternyata SEO bukan hanya soal rangking. Padahal, SEO mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic ke website dan blog Anda.

Itu berarti pengunjung tidak hanya berhenti di situs Anda. Tetapi itu juga membantu Anda mencapai tujuan situs web Anda. Apakah itu menambah merek untuk meningkatkan volume transaksi.

Anda pasti semakin tertarik untuk mempelajari apa itu SEO bukan? Tanpa basa-basi lagi, ayo puaskan rasa penasaranmu di artikel ini!  

Apa Itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization". Teknik ini bertujuan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian Google.

Optimisasi mesin pencari memudahkan orang menemukan situs web Anda, sehingga dapat menyerap lebih banyak lalu lintas.

Pertanyaannya, dari sekian banyak search engine (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), mengapa Google harus mengutamakan SEO?

Jawabannya sederhana:

Google adalah mesin pencari paling populer bagi sebagian besar pengguna internet.

Buktinya, sekitar 3,5 miliar pencarian dilakukan di Google setiap hari. Tidak mengherankan, Google menguasai 90% pangsa pasar mesin (Statista).

Oleh karena itu, Google SEO cukup menentukan kesuksesan web. Dengan pengoptimalan mesin telusur yang baik, situs web mengumpulkan lebih banyak lalu lintas potensial.

Faktanya, 53% lalu lintas situs web berasal dari pencarian organik. Pencarian organik mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci tertentu ke Google.

Dan bukan hanya soal trafik, jangkauan audiens Anda juga alias tepat untuk tujuan website Anda (meningkatkan brand, event, resource informasi, dll). Tertarik mengapa demikian?

Nah, sebelum membahas manfaat SEO, sebaiknya pahami dulu perbedaan antara SEO dan SEM.  

Meskipun Search Engine Optimization terdengar mirip, namun berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing). Perbedaan antara SEM dan SEO adalah fokusnya.

Perbedaan SEO dan SEM.

Google SEO berfokus pada peningkatan kinerja situs web, sedangkan pemasaran mesin pencari berfokus pada mendapatkan hasil (mengubah lalu lintas) dengan segera. Lihat perbedaan SEO dan SEO di bawah ini untuk informasi lengkapnya.

SEOSEM
PengertianUpaya mengoptimasi website agar menempati posisi teratas pada halaman pencarianStrategi marketing untuk menempatkan situs di hasil teratas halaman pencarian
Biaya yang DikeluarkanGratis (Rp0), hingga berbayar menyesuaikan tools yang dipakaiBerbayar (Mulai dari Rp100ribuan)
Tampilan di Mesin PencarianTidak ada embel-embel iklanMenampilkan label ‘iklan’ atau ‘advertising
Tools yang DigunakanTidak wajib, tapi bisa juga memakai tools riset keywordGoogle Search Console untuk analisis backlink, Google Analytics untuk cek performa website, dan sebagainyaMembutuhkan Google Adwords, Google Keyword Planner, dll
HasilWebsite butuh waktu untuk mendapat ranking teratasWebsite lebih instan menduduki ranking teratas Google
Jenis TrafficOrganic traffic, yaitu trafik yang didapatkan dari website yang muncul di hasil  pencarian secara alamiOrganic traffic dan paid search. Paid search yaitu kunjungan audiens yang disebabkan oleh iklan berbayar 
PerformaJangka panjang. Ranking website tidak turun dengan mudah, tergantung pada optimasinya.Jangka pendek. Setelah durasi iklan habis, ranking website akan kembali seperti semula.
Meskipun SEM dapat memberikan hasil langsung, bukan berarti SEO tidak efektif untuk situs web.

Faktanya, 70-80% orang mengabaikan hasil pencarian berbayar demi konten yang tumbuh secara organik. Ini karena banyak orang terlalu malas untuk mengklik konten dengan iklan terpasang.

Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda masih perlu menerapkan SEO situs web? Namun, Anda dapat mempromosikan situs web Anda melalui saluran pemasaran lainnya. Misalnya memasang link website di bio Instagram Anda, menggunakan fungsi swipe dan lain sebagainya.

Jadi Anda harus tahu bahwa mayoritas lalu lintas - terutama ke situs web perusahaan - berasal dari mesin pencari. Terlepas dari industrinya:
teknologi, fashion, kesehatan dll.

Jasa Pembuatan Website


1. Permudah audiens Anda untuk menemukan situs web Anda

Strategi SEO adalah cara yang efektif untuk memudahkan audiens target Anda menemukan situs web Anda.
Alasannya adalah berkat pengoptimalan mesin telusur, situs web Anda mendapat peringkat di halaman pertama Google. Posisi ini jelas mempengaruhi lalu lintas. Ingatlah bahwa 75% orang terlalu malas untuk menggulir ke halaman lain dan seterusnya.
Ini seperti membuka lemari es yang penuh dengan kaleng soda. Anda lebih suka mengambil kaleng di baris pertama daripada repot melihat ke bawah dari rak, bukan?

2. Tangkap audiens yang tepat

Google SEO tidak hanya membantu audiens Anda menemukan situs web, tetapi juga memungkinkan Anda menargetkan audiens yang tepat.
Pasalnya, saat Anda mencari kata kunci tertentu, Anda bisa menargetkan kata kunci berdasarkan maksud pencarian atau audiens. 
Misalnya, maksud pencarian situs web Anda adalah untuk mengedukasi audiens Anda tentang informasi. Sebagai pengusaha perawatan kulit yang telah melakukan penelitian, Anda tahu target audiens Anda penasaran dengan niacinamide. Hasilnya, Anda membuat konten blog tentang manfaat niacinamide dan menyatakan bahwa merek Anda mengandung zat ini. Dengan menerapkan teknik SEO, audiens target Anda dapat menemukan konten ini melalui Google.
Selain itu, algoritme Google memprioritaskan pengalaman penelusuran yang unik.
Dengan kata lain, algoritme Google menentukan rekomendasi konten yang ditampilkan di halaman pencarian, dengan mempertimbangkan karakteristik audiens. Mulai dari lokasinya, riwayat pencarian dll.
Artinya dengan menerapkan SEO, konten website Anda lebih berpotensi untuk dilihat oleh audiens target Anda. Ini meningkatkan lalu lintas dan peluang konversi.
Cara termudah bagi orang untuk menemukan produk yang mereka inginkan adalah: Cari informasi di Google.

3. Membangun Brand Awareness

Cara termudah bagi orang untuk menemukan produk yang mereka inginkan adalah: Cari informasi di Google.
Jasa Pembuatan Website
Faktanya, menurut ReviewTrackers, 63% orang lebih suka mencari produk di Google dibandingkan situs review lainnya. Artinya Google memang tempat yang strategis untuk meluncurkan produk atau membangun brand awareness. Hei, konten situs web saya sudah ada di halaman pertama Google, tetapi mengapa merek saya belum populer? Nah, manfaat SEO tidak langsung datang. Pelanggan baru mempercayai merek Anda dan terlibat 3-5 kali lebih banyak setelah menemukan konten yang Anda buat. Jadi, semakin sering situs web Anda muncul di halaman pertama Google berdasarkan kata kunci yang relevan, semakin banyak kesadaran merek yang akan Anda terima.

4. Investasi Jangka Panjang

Optimisasi mesin pencari adalah investasi jangka panjang. Karena optimasi untuk mesin pencari Google dapat meningkatkan peluang bisnis. Selain itu, hasil pencarian yang relevan dapat memengaruhi 39 persen keputusan pembelian calon pembeli. 
Dengan menghasilkan trafik secara natural, posisi website Anda di Google lebih kuat dan bisa bertahan lama.
Ini berbeda dengan PPC atau bayar per klik, di mana lalu lintas turun menjadi nol segera setelah Anda berhenti membayar. Pasalnya, website Anda akan segera keluar dari peringkat teratas.
Karena itu, meskipun SEO dan SEM dapat menghabiskan biaya, kami tetap menyarankan Anda untuk memaksimalkan upaya pengoptimalan situs web Anda.

5. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Selain keempat hal tersebut, manfaat SEO meningkatkan penjualan dan konversi online.

Faktanya, 75% pemilik bisnis percaya bahwa SEO menghasilkan lebih banyak pelanggan daripada trik pemasaran lainnya. Bahkan, tingkat konversinya adalah 14,6%.

Pasalnya, optimisasi mesin pencari dapat menjangkau khalayak sasaran yang lebih luas dengan lebih efektif. Tidak seperti tipu muslihat pemasaran lainnya. Misalnya social media marketing yang hanya bisa menargetkan pengguna program terkait (Instagram, YouTube, dll). Atau metode pemasaran email yang hanya menjangkau pengguna email yang telah berlangganan buletin.

Selain itu, dengan sekitar 4,39 miliar pengguna internet, Google memiliki pengguna yang jauh lebih banyak daripada platform lainnya.

Artinya, semakin mudah konten suatu situs ditemukan di Google, semakin besar peluang untuk menarik lalu lintas. Bahkan jika konten Anda muncul berkali-kali saat audiens mengetikkan kata kunci yang berbeda.

Dan bukan sembarang audiens, Anda dapat menangani lalu lintas masuk dengan beberapa cara. Apa yang tadinya pelanggan potensial menjadi pelanggan nyata.

6. Membangun merek teratas

Merek teratas adalah merek pertama yang dipikirkan pelanggan ketika mereka memikirkan kategori produk. Misalnya kalau bicara air mineral, kebanyakan orang menyebut air.

Nah, salah satu manfaat SEO adalah membangun merek papan atas.

Seperti yang Anda ketahui, optimisasi mesin pencari adalah investasi jangka panjang. Setelah website Anda berhasil merajai halaman pertama Google, website Anda akan memiliki akar yang lebih kuat dan tidak akan mudah tergeser. Saat kredibilitas situs web mulai terbukti dengan sendirinya, konten situs web Anda yang lain menjadi lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan Google.

Selain itu, Anda sudah memiliki lalu lintas, dan Google dengan senang hati merekomendasikan situs web yang pernah dikunjungi audiens Anda sebelumnya.

Dengan begitu, publik tidak akan melupakan Anda begitu cepat. Soalnya, konten Anda tetap muncul di hasil pencarian dengan kata kunci yang berbeda.
Dan jika Anda berhasil mendominasi halaman pertama Google, calon pelanggan akan malas mengunjungi toko-toko tetangga. Menurut mereka, orang baik adalah orang yang berhasil menduduki peringkat teratas Google.
Selain itu, situs web perusahaan dengan peringkat teratas biasanya memberikan informasi yang lengkap. Tak heran jika masyarakat menganggap perusahaan Anda selalu memberikan informasi tentang produk yang mereka butuhkan. Alhasil, puncak kesadaran publik semakin terbentuk.
Sekarang Anda harus lebih tertarik untuk belajar SEO. Jadi sebelum Anda terjun, sebaiknya pahami dulu jenis-jenis SEO dan pilih mana yang akan menjadi fokus terlebih dahulu.


Unlimited Hosting Indonesia